SILABUS FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
09.25
Nama Mata
Kuliah
:
Filsafat Pendidikan Islam
SKS
: 2 SKS
Dosen
: Amrizal, MA.
Jurusan/Program
Studi :
BK/PBI
1. Tuhan
dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam
a.
Tuhan dalam Islam
b.
Eksistensi Tuhan
c.
Argumen-argumen Adanya
Tuhan
d.
Implikasi Konsep Tuhan
bagi Filsafat Pendidikan Islam
2. Manusia
dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam
a.
Hakekat dan Kedudukan
Manusia dalam al-Quran
b.
Dimensi dan potensi
Manusia dalam al-Quran
c.
Implikasi Konsep
manusia terhadap pendidikan Islam
3. Alam
dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam
a.
Hakikat Alam
b.
Kedudukan alam
c.
Prinsip-prinsip
Filsafat Pendidikan Islam tentang Alam
d.
Alam dan Lingkungan
Pendidikan
4. Tinjauan
Filosofis tentang Tujuan Pendidikan Islam
a.
Hakekat Tujuan dan
Tujuan Pendidikan
b.
Aspek-aspek tujuan
pendidikan Islam
c.
Domain Tujuan
Pendidikan Islam
d.
Rumusan tujuan
pendidikan Islam menurut para ulama
5. Tinjauan
Filosofis tentang Pendidik
a.
Hakekat pendidik dalam
Islam
b.
Kedudukan pendidik
c.
Tugas dan Tanggung
jawab pendidik
d.
Kompetensi pendidik
dalam pendidikan Islam.
6. Tinjauan
Filosofis tentang peserta didik
a.
Hakekat peserta didik
dalam Islam
b.
Hak dan kewajiban
peserta didik dalam Pendidikan Islam
c.
Dimensi-dimensi peserta
didik yang harus dikembangkan
7. Tinjauan
Filosofis tentang Kurikulum dalam Pendidikan Islam
a.
Hakekat kurikulum
pendidikan
b.
Dasar dan Prinsip
Kurikulum Pendidikan Islam
c.
Klasifikasi Ilmu
sebagai isi Kurikulum
d.
Unsur-unsur kurikulum
Pendidikan Islam
8. Tinjauan
Filosofis tentang Metode Pendidikan Islam
a.
Hakekat dan kedudukan metode
Pendidikan
b.
Asas-asas umum Metode
Pendidikan Islam
c.
Karakteristik Metode
Pendidikan Islam
d.
Jenis-jenis metode
pendidikan dalam Islam
9. Tinjauan
Filosofis tentang Evaluasi Pendidikan Islam
a.
Hakekat Evaluasi
Pendidikan
b.
Tujuan Evaluasi dalam
Pendidikan Islam
c.
Prinsip-prinsip
Evaluasi dalam Pendidikan Islam
d.
Sistem Evaluasi
Pendidikan Islam
10. Pemikiran
Intelektual Muslim tentang Pendidikan Islam: Kasus Al-Ghazali
a.
Riwayat Singkat Kehidupan
Al-Ghazali
b.
Pemikiran Al-Ghazali
tentang Pendidikan
11. Pemikiran
Intelektual Muslim tentang Pendidikan Islam: Kasus Ibn Khaldun
a.
Riwayat Singkat
Kehidupan Ibn Khaldun
b.
Pemikiran Ibn Khaldun
tentang Pendidikan
12. Pemikiran
Intelektual Muslim tentang Pendidikan Islam: Kasus K.H. Ahmad Dahlan
a.
Riwayat Singkat
Kehidupan K.H. Ahmad Dahlan
b.
Pemikiran K.H. Ahmad
Dahlan tentang Pendidikan
Daftar Kepustakaan
1.
Abdurrahman al-Nahlawi, Ushul al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Asaliha fi
al-Bait wa al-Madrasah wa al-Mujtama’, Damaskus: Dar al-Fikr, 1999.
2.
Hasan Ibrahim Abd al-‘Al, Muqaddimah fi Falsafah al-Tarbiyah
al-Islamiyah: al-Tarbiyah wa al-Thabi’ah al-Insaniyah, Riyadh: Dar ‘Alam
al-Kutub, 1985.
3.
Majid ‘Arsan al-Kailani, Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah, Jeddah:
Dar al-Manar, 1987.
4.
Muhammad Munir Mursy, al-Tarbiyah al-Islamiyah, Qatar: Dar
al-Ma’arif, 1987.
5.
Toto Suharto, Filsafat
Pendidikan Islam: Menguatkan Epistemologi Islam dalam Pendidikan,
Yokyakarta: Ar-Ruzz, 2014.
6.
Ramayulis dan
Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan dan
Pemikiran Para Tokohnya, Jakarta: Kalam Mulia, 2010.
7.
Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam,
Pendekatan Historis, Teoretis dan Prakts, Jakarta; Ciputat Press, 2005.
8.
Zubaedi, Isu-isu
Baru dalam Diskursus Filsafat Pendidikan Islam, Yokyakarta: Pustaka
Pelajar, 2012.
9.
Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan, Suatu
Analisa Psikologi, Filsafat dan Pendidikan, Cet, ke 2, Jakarta, al-Husna,
1988.
10. Hasan Langgulung , Asas-Asas Pendidikan Islam, cet ke 2,
Jakarta: al-Husna, 1988,
11. Muhaimin dan Abd. Mudjib, Pemikiran
Pendidikan Islam, Kajian Filosofik dan Kerangka Dasar Operasionalnya, Bandung:
Triguna Karya, 1993.
12. Muzayyin Arifin, Filsafat
Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, cet. Ke 4, 2009.
13. Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan
Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2003.
14. Omar Mohammad al-Toumi
al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
15. Redja Mudyaharjo, Filsafat
Ilmu Pendidikan, Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
16. Zuhairini, Filsafat
Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1998.
17. Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta:
Kalam Mulia, 2013.
Catatan:
1. Perkuliahan
MK Filsafat Pendidikan Islam dijalankan dengan metode diskusi.
2. Bagilah
kelompok sebanyak topik pembahasan. Masing-masing kelompok mendapat dua tugas;
(1) menjadi pemakalah, dan (2) menjadi pembahas.
3. Setiap
kelompok mendapatkan satu topik untuk dipresentasikan, dan akan dibahas oleh
kelompok lain.
4. Makalah
ditulis font Garamond, size 12, rata kiri-kanan, margin 4 4 3 3, 2 spasi.
5. Referensi
minimal 7 buah, baik buku maupun jurnal. Setelah presentasi, makalah diperbaiki
dengan referensi minimal 10 buah.
6. Penilaian
meliputi Terstruktur: 25 %, Mandiri: 25%, UTS:
25 %, dan UAS 25%.



1 komentar
Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'
BalasHapus